Sabtu, 11 Mei 2013

Tujuan dan Manfaat Berlatih Karate untuk Anak-anak



Saat ini banyak kegiatan ekstra-kurikuler di sekolah yang melibatkan anak-anak dalam kegiatan olahraga, salah satu yang paling populer adalah Karate. Sebelum para orangtua melibatkan anak-anak mereka dalam kegiatan berlatih Karate, sebaiknya harus dipahami sejauh mana fungsi dan tujuan berlatih Karate bagi anak-anak.

Menurut para ahli kesehatan, tidak dianjurkan anak-anak di bawah usia delapan tahun untuk terlibat dalam olahraga yang melibatkan kontak fisik dan benturan yang keras. Karena itu, pola latihan Karate di Yamabushi Karate Dojo dibedakan untuk usia anak-anak dan dewasa. Hal ini mengacu pula pada tujuan dan fungsi pelatihan Karate khususnya untuk anak-anak, yaitu untuk menumbuhkan motivasi yang berhubungan dengan sisi kognitif, afektif, serta psikomotorik, di antaranya yaitu menanamkan sikap disiplin, rasa hormat, pengendalian diri, dan melatih fokus.

Jadi, tidak serta merta latihan Karate untuk anak-anak itu harus keras, ekstrem, dan melibatkan benturan-benturan yang berbahaya. Porsi latihan harus disesuaikan dengan tingkat kematangan murid, baik secara fisik maupun psikis. Dengan metode dan pola latihan yang benar, diharapkan tujuan berlatih Karate selain melatih kemampuan beladiri juga bisa berhasil meningkatkan prestasi anak-anak, baik prestasi akademik di sekolah maupun prestasi moral dan akhlak dalam kehidupan sehari-hari.

Perlu dipahami bahwa berlatih Karate tidak hanya sebatas aktivitas fisik dengan cara memukul, menendang, dan berteriak. Karena itu, salah besar jika orangtua melibatkan anak-anak mereka dalam kegiatan Karate hanya supaya anaknya menjadi hebat berkelahi atau menjadi juara di berbagai ajang pertandingan. Aspek fisik karate memang memiliki dampak positif pada pertumbuhan jasmani, tapi lebih dari itu pelatihan Karate juga memiliki pengaruh pada pikiran anak-anak. Karate mengajarkan anak-anak bagaimana untuk mendengarkan, belajar, bersosialisasi, serta menang dan kalah secara bermartabat. Banyak manfaat dan aspek positif yang akan didapat anak-anak dengan berlatih Karate. Namun semua itu tentunya sangat tergantung bagaimana para orangtua memilih dojo dan instruktur Karate yang tepat untuk anak-anak.